Mukjizat dalam Al-Qur’an (4): Umar bin Khattab Memeluk Islam

Mukjizat dalam Al-Qur’an (4): Umar bin Khattab Memeluk Islam

25 Juli 2021
36 dilihat
1 menit, 11 detik

Tsaqafah.id – Umar bin Khattab adalah salah satu pembesar Quraisy. Ia ditakuti dan disegani oleh semua orang. Rasulullah Saw berhadap bahwa ia terpanggil untuk masuk Islam.

Di sisi lain, Fatimah binti al-Khattab, saudara perempuan Umar, telah memeluk Islam dan segera diikuti oleh suaminya, Said bin Zaid. Namun, keduanya masih merahasiakan keislaman mereka.

Suatu hari Umar berencana membunuh Rasulullah Saw. Ia mengambil pedangnya dan berangkat mencari Rasul Saw, di tengah perjalanan ia bertemu dengan Nu’aim. Nu’aim kemudian bertanya, “Umar, ke mana kau hendak pergi?”

“Saya mencari Muhammad dan saya akan membunuhnya” jawab Umar.

“Bukankah lebih baik engkau membereskan keluargamu sendiri terlebih dulu?”

Umar balik bertanya, “Siapa orang yang dalam keluargaku?”

Nu’aim menjawab, “Saudara ipar dan sepupumu, Said bin Zaid, juga adik perempuanmu, Fatimah. Mereka telah beriman kepada Muhammad dan memeluk agamanya.”

Baca Juga: Mukjizat dalam Al-Qur’an (3): Turunnya Hujan Sebelum Perang Badar

Umar segera menuju rumah Fatimah dengan tergesa-gesa. Saat itu Khabbab sedang membacakan Surat Thaha kepada Fatimah dan suaminya dari mushaf yang dibawanya.

Umar kemudian menyerang saudara iparnya. Fatimah berusaha melindungi suaminya, namun Umar memukul Fatimah dan melukainya.

Umar melihat darah mengalir dari tubuh adik perempuannya dan membuat kemarahannya mereda. Ia kemudian menyakan mushaf yang dibacakan oleh Khabbab. Fatimah berkata kepadanya dengan tegas, “Saudaraku, engkau tidak bersih karena kekafiranmu dan hanya orang-orang yang suci yang boleh menyentuhnya.” Umar pun bangkit dan mandi. Fatimah kemudian memberinya lembaran-lembaran tulisan Surat Thaha. Umar hanya membacanya beberapa baris kemudian berkata dengan rasa kagumya, “Betapa mulia dan agungnya kalimat-kalimat ini.”

Tidak lama kemudian, Umar menghampiri Rasulallah Saw dan berkata, “Wahai Rasulallah, aku datang untuk menyatakan keimananku kepada Allah dan Rasul-Nya serta apa yang dibawanya dari Allah.”

Profil Penulis
tsaqafriend
tsaqafriend
Penulis Tsaqafah.id

14 Artikel

SELENGKAPKNYA