Mukjizat dalam al-Qur’an (1): Kemenangan Kerajaan Romawi atas Persia

Tsaqafah.id – Kaum musyrik Quraisy Mekkah merasa sangat gembira mendengar kalahnya Kerajaan Romawi oleh Kerajaan Persia.

Kegembiraan itu, di samping dukungan terhadap Kerajaan Persia, mereka juga menyimpan harapan bahwa gerakan Islam yang baru akan lahir pada masa itu, dari sudut pandang duniawi; tentara, senjata dan kuasa teritorial, sangatlah lemah dan tak berdaya, juga akan lumpuh di tangan mereka. Itu harapan kaum musyrik Quraisy.

Akan tetapi, mereka salah kaprah dalam membaca praduga-praduga zaman.

Kesalah-kaprahan membaca dan memperhitungkan zaman itu bermuara ketika pecahnya Perang Issus pada 622 M (tahun peristiwa hijrah) dan pada 624 M ketika Kaisar Heraclius (Raja Romawi) membawa pasukannya menyerang menusuk ke jantung pertahanan Kerajaan Persia, berbarengan dendgan kaum Quraisy Mekkah kalah dalam peperangan Badar.

Baca Juga: Ijazah Al-Fatihah dari Gus Baha

Perang Badar (2 H/624 M) bisa . . . . . . dikatakan sebagai peristiwa suka cita bagi kaum beriman dan duka cita bagi kaum arogan Quraisy, yang mengira dapat menghancurkan seluruh gerakan Islam di Madinah sebagaimana telah mereka lakukan di Mekkah, tetapi mereka malah terpukul mundur dan terpaksa menerima kekalahan.

Al-Qur’an menceritakan peristiwa itu sebagai berikut;

الم (1) غُلِبَتِ الرُّومُ (2) فِي أَدْنَى الأرْضِ وَهُمْ مِنْ بَعْدِ غَلَبِهِمْ سَيَغْلِبُونَ (3) فِي بِضْعِ سِنِينَ لِلَّهِ الأمْرُ مِنْ قَبْلُ وَمِنْ بَعْدُ وَيَوْمَئِذٍ يَفْرَحُ الْمُؤْمِنُونَ (4) بِنَصْرِ اللَّهِ يَنْصُرُ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ (5)

“Alif lam mim. Bangsa Romawi telah dikalahkan, di tanah terendah dan mereka sudah dikalahkan itu akan menang, dalam beberapa tahun [lagi]—bagi Allah-lah segala urusan sebelum dan sesudah [mereka menang]—dan pada hari itu orang-orang mukmin bergembira atas pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Sang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang,” (QS Ar-Rum [30]: 1-5).

Total
41
Shares
Previous Article

Ijazah Al-Fatihah dari Gus Baha

Next Article

Inilah yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Menikah

Related Posts