Mukjizat dalam Al-Qur’an (2): Terungkapnya Persekongkolan Kaum Quraisy untuk Membunuh Nabi Saw

Tsaqafah.id – Persekongkolan yang direncanakan terhadap Nabi Muhammad Saw di Mekkah menitis tiga sasaran. Sayangnya, ketiga persekongkolan itu tidak hanya gagal, juga perbuatan ajaib Allah Swt selalu menyertai dengan membalik keadaan dari kebaikan menjadi kejelekan.

Pertama, mereka berusaha menundukkan Rasulullah Saw di Mekkah dengan menekan paman-paman, keluarga dan para sahabatnya. Tetapi, semakin mereka menekan, semakin tumbulah keyakinan dan jumlah kaum muslimin yang minoritas itu.

Kedua, mereka mencoba melukai dan membunuh Nabi Saw. Tetapi, sikap manusiawi, teguh dan tak kenal takunya, telah membuat Sang Pembawa Islam itu terus . . . . . . maju.

Baca Juga: Mukjizat dalam al-Qur’an (1): Kemenangan Kerajaan Romawi atas Persia

Ketiga, mereka berusaha mengusir Nabi Saw dan para sahabatnya dari rumah-rumah mereka di Mekkah. Tetapi, mereka justru menemukan rumah baru di Madinah. Dari sanalah umat Islam malah tidak hanya menakluk-balikkan Mekkah, akan tetapi, juga Jazirah Arab dan seluruh dunia.

Peristiwa ini terekam dalam firman Allah Swt dalam al-Qur’an, “Dan [ingatlah] ketika orang-orang kafir membuat rencana terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu atau mengusirmu. Mereka berencana dan Allah berencana, sedangkan Allah adalah perencana terbaik,” (QS Al-Anfal [8]: 30).

Total
118
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Pengajian Gus Baha: Bertemu Pemuda Ahli Zina yang Hendak Masuk Islam, Bagaimana Reaksi Nabi?

Next Article

Islam Menyuruh Kita untuk Mengubah Insecure Menjadi Lebih Banyak Bersyukur

Related Posts