Maulid Nabi Saw (5-Selesai): Adab, Spiritualitas dan Sikap dalam Majlis Shalawat: Refleksi Fenomena Kekinian

Maulid Nabi Saw (5-Selesai): Adab, Spiritualitas dan Sikap dalam Majlis Shalawat: Refleksi Fenomena Kekinian

29 September 2024
110 dilihat
5 menits, 7 detik

Tsaqafah.id – Majlis shalawat, yang dahulunya dipandang sebagai tempat sakral untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt dan memuliakan Rasulullah Saw, kini mengalami transformasi yang cukup signifikan.

Di pulau Jawa, khususnya, majlis-majlis shalawat yang dipimpin oleh para habaib, gus, dan kiai telah berkembang pesat dengan jamaah yang semakin banyak. Namun, di tengah maraknya fenomena ini, ada tantangan besar yang perlu dihadapi: bagaimana menjaga ruh spiritualitas dan kesakralan majlis shalawat di tengah gelombang perubahan budaya, yang kini cenderung menjadikan majlis shalawat lebih mirip dengan ‘panggung konser.’

Beberapa indikator penyimpangan perilaku seperti berkurangnya penghayatan, fokus yang lebih besar pada qashidah daripada pembacaan natsar Maulid, serta perilaku yang tidak pantas seperti bercampurnya laki-laki dan perempuan dalam satu majlis tanpa ada pemisah, berteriak-teriak di tengah acara, meneriaki pembicara yang sedang berceramah.

Seperti kejadian yang belum lama sempat viral di media sosial saat ada kiai kaliber nasional dan cukup dihormati di kalangan Nahdliyyin mengisi pengajian dalam sebuah majlis shalawat diteriaki oleh jamaah dengan kata kotor.

Bahkan di beberapa daerah ada fenomena: mabuk sebelum menghadiri majlis dan bahkan mabuk-mabukan di dalam majlis, menimbulkan keprihatinan mendalam. Untuk itu, penting bagi kita menelaah kembali etika spiritual dan perilaku yang harus diterapkan dalam mengikuti acara majlis shalawat, dengan merujuk pada pandangan ulama’.

Baca Juga Maulid Nabi Saw (1): Awal Tradisi, Pionir, Seremoni, dan Perspektif Para Pakar

Tujuan Mengikuti Majlis Shalawat

Tujuan utama menghadiri majlis shalawat adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt dengan cara memuliakan Nabi Muhammad Saw dan mengingatkan kembali ajaran-ajarannya. Dalam Kitab I’anatut Thalibin dijelaskan bahwa segala bentuk ibadah harus dilandasi dengan niat yang ikhlas semata-mata karena Allah:

“النِّيَّةُ رُكْنٌ لِكُلِّ عِبَادَةٍ وَتَحْقِيقُهَا بِالْقَصْدِ إِلَى اللَّهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى”

Niat adalah rukun bagi setiap ibadah, dan niat itu terealisasi dengan tujuan yang murni menuju Allah Swt.” (I’anatut Thalibin, Juz 1, Halaman 41)

Menghadiri majlis shalawat harus dilakukan dengan niat tulus untuk mendapatkan ridha Allah, bukan untuk hiburan semata atau bersenang-senang tanpa makna spiritual.

Adab dan Etika dalam Majlis

Dalam kitab Al-Adzkar karya Imam An-Nawawi, beliau menggarisbawahi pentingnya menjaga adab dan etika ketika berada di majlis ilmu, yang tentu juga berlaku dalam majlis shalawat:

“يَجِبُ عَلَى الْإِنْسَانِ أَنْ يَحْفَظَ لِسَانَهُ وَيَكُونَ فِي مَجْلِسِ الذِّكْرِ وَالْعِلْمِ بِهَيْئَةِ الْخُشُوعِ وَالْإِنْصَاتِ وَعَدَمِ التَّشَغْيِبِ”

Seseorang wajib menjaga lisannya dan berada di majlis dzikir serta ilmu dalam keadaan khusyu’, penuh ketenangan, dan tidak membuat keributan”. (Al-Adzkar, Halaman 58)

Maka, berteriak-teriak di tengah majlis atau mengganggu orang yang sedang memberikan tausiyah (ceramah) jelas tidak sejalan dengan adab yang seharusnya. Tindakan tersebut tidak hanya menunjukkan ketidakpahaman terhadap makna majlis shalawat, tetapi juga bentuk tidak hormat terhadap ulama yang menyampaikan ilmu.

Baca Juga Maulid Nabi Saw (2): Dari Tradisi Kerajaan hingga Syiar Masyarakat Indonesia

Pentingnya Khusyu’ dan Penghayatan

Salah satu keutamaan dari menghadiri majlis shalawat adalah kesempatan untuk memperdalam kecintaan kepada Rasulullah Saw melalui penghayatan yang mendalam.

Imam Al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menekankan bahwa dzikir dan ibadah hanya akan membawa manfaat apabila dilakukan dengan hati yang khusyu’:

“لَا يَنْفَعُ الْإِنْسَانَ الذِّكْرُ إِلَّا إِذَا كَانَ قَلْبُهُ حَاضِرًا وَمُتَفَكِّرًا فِي مَعْنَاهُ”

Dzikir tidak akan bermanfaat bagi seseorang kecuali jika hatinya hadir dan memikirkan makna dari apa yang diucapkannya.” (Ihya Ulumuddin, Juz 1, Halaman 52)

Ini berarti bahwa kehadiran di majlis shalawat seharusnya diisi dengan fokus dan penghayatan penuh terhadap makna shalawat dan Maulid Nabi, bukan sekadar menghadirinya sebagai acara seremonial tanpa makna.

Menjaga Pergaulan dan Niat

Salah satu fenomena yang cukup meresahkan adalah kehadiran pasangan yang belum menikah di majlis shalawat, seakan majlis ini menjadi tempat berkumpul bagi mereka yang berpacaran.

Dalam pandangan Islam, pergaulan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram harus dibatasi untuk menjaga kehormatan dan kesucian hati. Imam An-Nawawi dalam Riyadhus Shalihin menjelaskan pentingnya menjaga hubungan dengan lawan jenis:

“وَيَجِبُ تَجَنُّبُ كُلِّ مَا يُدْخِلُ فِي نِيَّةِ سُوءٍ أَوْ فِي نَفْسِ الشُّبْهَةِ”

Hendaknya seseorang menghindari segala sesuatu yang dapat menimbulkan niat buruk atau prasangka dalam dirinya.” (Riyadhus Shalihin, Juz 1, Halaman 234)

Pergaulan yang tidak pantas di majlis shalawat, adalah tindakan yang bertentangan dengan semangat menjaga kesucian majlis sebagai tempat dzikir dan ibadah.

Baca Juga Maulid Nabi Saw (3): Kitab, Naskah Maulid Nabi yang Populer: Latar Belakang dan Penyebarannya

Tidak Melakukan Perbuatan Tercela

Fenomena lain yang mengkhawatirkan adalah jamaah yang datang dalam kondisi tidak layak, seperti mabuk sebelum atau saat berada di tempat majlis. Hal ini sangat bertentangan dengan ajaran Islam yang mengutamakan kesucian jiwa dan jasmani dalam setiap ibadah.

Dalam kitab Fathul Mu’in, dijelaskan bahwa seseorang yang hendak berdzikir atau mengikuti majlis ilmu harus dalam keadaan ‘stabil’:

“يَحْرُمُ عَلَى مَنْ كَانَ فِي حَالَةِ السُّكْرِ أَنْ يُدْخِلَ نَفْسَهُ فِي مَجْلِسِ الذِّكْرِ”

Diharamkan bagi orang yang dalam keadaan mabuk untuk memasuki majlis dzikir.” (Fathul Mu’in, Juz 2, Halaman 119)

Kembali kepada Esensi Majlis Shalawat

Majlis shalawat memiliki kedudukan penting dalam spiritualitas umat Islam. Ia bukan sekadar tempat untuk berkumpul dan melantunkan pujian kepada Rasulullah, tetapi juga sebagai sarana untuk memperdalam kecintaan kepada Nabi Muhammad Saw dan menguatkan keimanan. Namun, maraknya fenomena pergeseran makna majlis ini dari spiritualitas menuju kesenangan duniawi menuntut kita untuk lebih waspada.

Umat Islam perlu kembali kepada esensi majlis shalawat sebagai tempat yang penuh penghayatan, khusyu’, dan kesucian. Dengan menjaga niat, etika, serta perilaku yang baik dalam majlis, kita akan mampu menjaga kesakralan majlis shalawat seperti yang diajarkan oleh para ulama kita. Semoga Allah Swt senantiasa memberikan taufiq dan hidayah kepada kita semua untuk selalu berada di jalan yang benar.

Baca Juga Maulid Nabi Saw (4): Mengapa Kita Merayakan Maulid Nabi?

Sorotan

Sebagai mayoritas, Warga NU (Nahdliyyin) adalah yang paling bertanggung jawab atas fenomena pergeseran perilaku saat menghadiri majlis shalawat. Seperti sudah terbesit dalam benak Hadlratu As-Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari, jauh hari Sang Syaikh sudah mengingatkan akan hal ini dalam beberapa tulisannya.

KH. M. Hasyim Asy’ari dalam beberapa karyanya memberikan panduan yang sangat penting tentang etika menghadiri majlis ilmu dan majlis shalawat, yang menekankan adab, niat, serta sikap batin yang harus dimiliki oleh para peserta.

Dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim, KH. M. Hasyim Asy’ari menyebutkan beberapa etika yang harus diperhatikan oleh seorang penuntut ilmu ketika menghadiri majlis ilmu. Menurutnya, niat yang benar, ketundukan, serta penghormatan kepada guru dan ilmu adalah hal yang utama.

قال: وينبغي للمتعلم أن يحسن نيته عند الخروج إلى مجلس العلم، وأن يقصد بتعلمه رضا الله، والعمل به، ونشره، وإحياء الشريعة، وتنوير قلبه، وتقريبه من الله. ويجب عليه أن يجلس بسكينة ووقار، ويستمع بإنصات واحترام، ولا يتحدث فيما لا يعنيه.

Beliau berkata: ‘Seharusnya bagi seorang pelajar untuk memperbaiki niatnya ketika keluar menuju majlis ilmu, dan hendaknya ia berniat dalam belajarnya untuk mendapatkan keridhaan Allah, mengamalkan ilmu, menyebarkannya, menghidupkan syariat, menerangi hatinya, serta mendekatkan dirinya kepada Allah. Wajib baginya duduk dengan tenang dan penuh hormat, mendengarkan dengan penuh perhatian dan hormat, serta tidak berbicara tentang hal-hal yang tidak berkaitan.”

Baca Juga Antara Selawat dan Selawatan: Mencari Batasan yang Jelas

Dalam pandangan KH. Hasyim Asy’ari, menghadiri majlis ilmu adalah bagian dari upaya menuntut ilmu dengan niat yang murni demi mendapatkan ridha Allah dan untuk menghidupkan ajaran Islam. Seorang penuntut ilmu harus bersikap rendah hati dan sopan di hadapan guru.

Hadlratu Al-Syaikh juga menjelaskan adab menghadiri majlis shalawat dalam kitabnya yang lain. Menurutnya, majlis shalawat adalah tempat di mana kita mengingat Allah dan Rasul-Nya dengan penuh cinta dan penghormatan.

Beliau menekankan bahwa saat menghadiri majlis shalawat, seseorang harus membawa niat yang ikhlas, menjaga adab, dan ikut berpartisipasi dengan penuh semangat dalam pembacaan shalawat.

قال: وينبغي للمسلم في مجلس الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم أن يقصد تعظيمه، وأن يتأدب في حضوره، ويشارك في الصلاة بحبٍ وشوق، طالباً شفاعته، راجياً بركته، وعليه أن يلتزم السكينة والخشوع.

Beliau berkata: ‘Seharusnya bagi seorang Muslim di dalam majlis shalawat kepada Nabi ﷺ berniat untuk mengagungkan beliau, menjaga adab ketika hadir, serta berpartisipasi dalam shalawat dengan penuh cinta dan kerinduan, mencari syafaatnya, dan berharap keberkahannya. Hendaknya ia juga menjaga ketenangan dan kekhusyukan.”

Pandangan KH. Hasyim Asy’ari tentang majlis shalawat mengedepankan cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad ﷺ. Majlis ini bukan sekadar seremonial, melainkan sarana mendekatkan diri kepada Allah melalui kecintaan kepada Rasulullah ﷺ, yang harus dihadiri dengan ketenangan hati dan jiwa. Mengaku NU, maka harus berani merubah sikap dan berperilaku.

Profil Penulis
MS Lubaid Said
MS Lubaid Said
Penulis Tsaqafah.id
Pengajar di Pondok Pesantren Roudlotut Thullab (@pondoknosari) Tempuran Magelang

5 Artikel

SELENGKAPNYA