Harmoni Malam: Relaksasi dengan Musik Islami untuk Atasi Insomnia

Harmoni Malam: Relaksasi dengan Musik Islami untuk Atasi Insomnia

30 Mei 2024
66 dilihat
2 menits, 50 detik

Tsaqafah.id – Dulu saya sering mengalami ketindihan atau dalam dunia medis disebut sleep paralysis. Hal ini membuat jam tidur saya berantakan, insomnia.

Saat terbangun dari ketindihan di malam hari, perasaan takut untuk tidur kembali menyelimuti pikiran saya. Dan, pada akhirnya saya tetap terjaga hingga pagi hari.

Suatu hari saya berinisiatif memutar murottal dari sebuah aplikasi sebelum saya tidur. Saya memilih surah An-Nisa’ yang disenandungkan oleh Syaikh Mishary Rashid Alafasy. Malam itu menjadi malam yang berbeda dari sebelum-sebelumnya, lantunan ayat-ayat Al-Qur’an seperti memasuki mimpi saya hingga saya bangun.

Jadi, hingga saat ini, setiap kali hendak tidur saya selalu memutar murottal. Selain karena percaya murottal dapat menjaga saya dari ketindihan, lantunan suara yang lembut juga sangat menenangkan.

Baca Juga

Dari cerita di atas saya ingin memulai dengan membahas apa itu insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang seringkali mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang.

Menurut medis, insomnia didefinisikan sebagai kesulitan memulai atau mempertahankan tidur, yang dapat menyebabkan rasa lelah yang berlebihan, penurunan konsentrasi, dan bahkan gangguan emosional. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, kecemasan, pola tidur yang tidak teratur, atau kondisi medis tertentu.

Peran musik dalam relaksasi telah lama diakui oleh berbagai budaya dan tradisi. Musik memiliki kemampuan untuk memengaruhi suasana hati dan pikiran seseorang, sehingga dapat meredakan stres, meningkatkan mood positif, dan memfasilitasi tidur yang lebih nyenyak.

Dalam konteks Islam, musik yang bersumber dari nilai-nilai spiritual dan keagamaan dapat menjadi sarana yang sangat efektif dalam menciptakan rasa tenang dan kedamaian dalam diri.

Baca Juga Cerpen Ghassan Kanafani: Surat Dari Ar-Ramla

Jenis musik Islami yang digunakan dalam mengatasi insomnia bervariasi, tetapi umumnya memakai alunan melodi yang lembut dan penuh makna, seperti nasyid, sholawat, ataupun murottal.

Musik ini seringkali menggabungkan unsur-unsur agama, seperti ayat-ayat suci Al- Quran atau kalimat-kalimat yang mengandung pesan-pesan kebijaksanaan, yang dapat memberikan ketenangan spiritual kepada pendengarnya.

Metode atau teknik yang dilakukan dalam mengatasi insomnia menggunakan musik Islami meliputi langkah-langkah sederhana seperti mendengarkan musik dengan volume yang rendah sebelum tidur, menciptakan lingkungan tidur yang tenang dan nyaman, serta menyampurkan dengan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam atau meditasi ringan.

Selain itu, pengulangan kalimat-kalimat yang mengandung makna positif atau doa-doa dalam musik Islami juga dapat menjadi bagian dari teknik ini.

Baca Juga 5 Rekomendasi Film Tentang Haji, Le Grand Voyage Jadi Film Terfavorit

Dukungan terhadap metode ini juga dapat dilihat dari sudut pandang agama Islam. Dalam Islam, pentingnya tidur yang cukup dan berkualitas diakui sebagai salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental.

Penggunaan musik Islami sebagai sarana untuk mencapai tidur yang berkualitas dapat dilihat sebagai bentuk tawakkal (berserah diri) kepada Allah SWT, serta memanfaatkan segala sarana yang diberikan-Nya untuk kesejahteraan kita.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan di panti sosial Gorontalo. Penelitian ini ingin membuktikan apakah murottal Al-Qur’an berpengaruh pada insomnia. Sebanyak 15 orang yang mengikuti, 13 orang diantaranya merasakan ketenangan setelah mendengarkan murottal Al-Qur’an selama 10 hingga 15 menit.

Baca Juga

Hal ini membuktikan bahwa terapi murottal dengan tempo yang lambat dapat menurunkan hormon-hormon stres, meningkatkan perasaan rileks, dan memperbaiki sistem kimia pada tubuh. Selain itu, bagi umat Islam dengan mendengarkan terapi murottal, ini juga bisa mendekatkan diri pada Tuhan.

Dibandingkan dengan metode lain, seperti penggunaan obat tidur atau terapi psikologis, penggunaan musik Islami dalam mengatasi insomnia memiliki keunggulan karena lebih alami, tidak menimbulkan efek samping yang merugikan, dan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan secara keseluruhan.

Ampuhnya metode ini juga terbukti dari hasil penelitian dan testimoni dari banyak individu yang telah merasakan manfaatnya secara langsung.

Sebagai saran, untuk pembaca yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia, mencoba teknik relaksasi dengan mendengarkan musik Islami dapat menjadi langkah yang sangat bermanfaat. Penting untuk mengambil waktu untuk menenangkan pikiran sebelum tidur, menciptakan lingkungan tidur yang mendukung, dan mengkombinasikan teknik-teknik relaksasi dengan rutinitas tidur yang sehat. Dengan demikian, kita dapat meraih tidur yang nyenyak dan memulai hari dengan energi dan semangat yang baik.

Profil Penulis
Annisa Arsy Lestari
Annisa Arsy Lestari
Penulis Tsaqafah.id
Mahasiswi Tasawuf dan Psikoterapi, UIN Sunan Ampel Surabaya

1 Artikel

SELENGKAPNYA